Bagaimana Sebaiknya Pakaian / Baju Umroh Wanita

Baju umroh wanita muslimah sebaiknya yang seperti apa? Ada salah paham yang terjadi di khalayak umum muslimah jama’ah haji atau umroh di Indonesia, yaitu adanya pemahaman bahwa baju umroh wanita sunnahnya adalah berwarna putih. Terlebih muslimah di Indonesia dalam keseharian sudah terbiasa mengenakan mukena berwarna putih, sehingga sering timbul pertanyaan Apakah Baju Umroh Wanita Harus Putih ?

umrah ka'bah
Pemahaman ini bisa jadi muncul atas sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam,

خَيْرُ ثِيَابِكُمُ اْلبَيَاضُ فَالْبَسُوْهَا َوكَفِّنُوْا فِيْهَا مَوْتَكُمْ

Sebaik-baik pakaian kalian adalah yang berwarna putih, maka kenakanlah dia dan kafanilah mayat kalian dengannya” (HR. Ahmad; Syarah Ahmad Syakir, 4/2219, beliau berkata :shahih)

Yang benar, warna putih adalah sunnah bagi pakaian umroh/  pakaian ihram laki-laki.

Aneka Baju Umroh Wanita

Lantas bagaimana sebaiknya baju umroh wanita ?

Sebaiknya baju umroh wanita ketika haji dan umroh adalah pakaian umroh yang benar-benar menutup aurat, lebar/longgar. Dengan model baju umroh wanita yang sederhana tidak berlebihan/wajar, tidak ketat sehingga membentuk tubuh, tidak pula terbuat dari bahan yang dapat membentuk lekuk tubuh.  Untuk warna baju umroh wanita sebaiknya berwarna agak gelap sehingga tidak mengundang fitnah (tidak harus warna hitam). Adapun disarankan menggunakan baju umroh wanita dengan model yang wajar, sederhana dan simpel, selain supaya mempermudah gerak aktifitas kita selama beribadah, juga supaya tidak menarik perhatian atau mengundang pandangan laki-laki. Begitu juga disarankan baju umroh wanita lebih baik berwarna gelap, agar tidak menarik perhatian atau mengundang pandangan laki-laki.

Syaikh Abdul Aziz bin Baz rahimahullah ditanya, “apakah wanita boleh ihram dengan pakaian apa saja yang dia kehendaki ?”.

Beliau menjawab: “Ya, wanita berihram dengan pakaian umroh wanita yang dia mau. Tidak ada pakaian khusus bagi wanita ketika ihram sebagaimana anggapan orang-orang awam. Tapi yang utama bagi wanita adalah berihram dengan pakaian umroh yang tidak menarik pandangan laki-laki sebab dia bercampur dengan banyak manusia. Maka sebaiknya bila wanita berihram hendaknya memakai pakaian/baju umroh wanita yang wajar dan tidak mengundang fitnah. Adapun bagi laki-laki maka yang utama adalah dengan baju ihram putih, yakni selendang (besar) dan kain. Tapi jika tidak ada berwarna putih maka tidak apa-apa. Sebab terdapat riwayat dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bahwa beliau ihram dengan baju hijau. Kesimpulannya, tidak mengapa jika laki-laki ihram dengan pakaian yang tidak berwarna putih”.

Dari paparan diatas bisa ditarik kesimpulan bahwa untuk warna baju umroh putih disunnahkan untuk laki-laki. Adapun untuk baju umroh wanita boleh mengenakan pakaian biasa dengan ketentuan seperti disebutkan diatas. Dalam hal ini jenis pakaian umroh atau baju umroh wanita yang sesuai dengan ketentuan diatas bisa disimpulkan adalah baju umroh wanita model gamis syar’i dengan warna yang cenderung gelap. Hal ini terkait dengan kaidah-kaidah, serta unsur kebiasaan/urf di tanah suci.  Gamis syar’i seperti halnya gamis umroh  yang kami sediakan mempunyai model potongan yang sederhana, tidak berlebihan, lebar dan bisa menutup aurat dengan baik, tidak membentu lekuk tubuh, dan juga tidak terbuat dari bahan yang memperlihatkan bentuk lekuk tubuh, sehingga sesuai dengan kaidah baju umroh wanita.

wallahu a’lam.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah, sadar kita sedang berada di tanah suci berniat untuk beribadah, bukan sedang liburan di Bali, Singapore atau Amerika. Jadi benar-benar perhatikan busana sesuai syariat agar tidak di pandang aneh atau bahkan di “haram-haramin” di sana. Busana yang memungkinkan mendapat cap “HARAM” diantaranya: dalaman jilbab bercepol (berpunuk unta), jilbab yang mencekik leher dan tidak menutup dada sekaligus kependekan (ketika nunduk leher kelihatan kemana-mana), pakaian terlalu pendek dan ketat (termasuk di dalamnya celana jeans ketat yang memperlihatkan paha), rambut disemir warna-warni, dll. 
Sebaiknya perbanyaklah membawa baju gamis syar’i, atau bawahan yang berupa rok lebar yang menutup aurat dengan baik dan tidak membentuk lekuk tubuh. Juga disarankan untuk memakai ciput ninja. Hal ini akan mempermudah ketika harus bolak/balik berwudhu. Atur atau perkirakan juga jumlah pakaian yang akan dibawa jangan sampai terlalu banyak sehingga memberatkan koper dan jangan sampai terlalu sedikit sehingga harus irit pakaian dan menyebabkan bau tak sedap.
Gamis umroh Syar’i dan juga dalaman jilbab model ciput ninja bisa didapatkan secara online di www.JualBusanaSyari.com , langsung hubungi CS kami untuk warna dan ukuran yang tersedia.Semoga artikel Pakaian / Baju Umroh Wanita ini dapat membantu mencerahkan keraguan/kebingungan kita selama ini.
Jangan lupa Like & Share ya:

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>