Menumbuhkan Generasi Rabbani

Akhir-akhir ini kita semakin sering mendengar mengenai generasi rabbani. Karena memang semakin kesini, masyarakat semakin merindukan generasi rabbani sebagai generasi penerus di masa depan. Karena generasi rabbani adalah label yang disematkan kepada para generasi emas umat islam, yang diharapkan mampu untuk menegakkan kembali syariat islam dalam kehidupan.

MAKNA GENERASI RABBANI

generasi rabbani

Generasi Rabbani

 

مَا كَانَ لِبَشَرٍ أَنْ يُؤْتِيَهُ اللَّهُ الْكِتَابَ وَالْحُكْمَ وَالنُّبُوَّةَ ثُمَّ يَقُولَ لِلنَّاسِ كُونُوا عِبَادًا لِي مِنْ دُونِ اللَّهِ وَلَكِنْ كُونُوا رَبَّانِيِّينَ بِمَا كُنْتُمْ تُعَلِّمُونَ الْكِتَابَ وَبِمَا كُنْتُمْ تَدْرُسُونَ(*) وَلَا يَأْمُرَكُمْ أَنْ تَتَّخِذُوا الْمَلَائِكَةَ وَالنَّبِيِّينَ أَرْبَابًا أَيَأْمُرُكُمْ بِالْكُفْرِ بَعْدَ إِذْ أَنْتُمْ مُسْلِمُونَ(*)

Tidak wajar bagi seseorang manusia yang Allah berikan kepadanya Al Kitab, hikmah dan kenabian, lalu dia berkata kepada manusia: “Hendaklah kamu menjadi penyembah-penyembahku bukan penyembah Allah.” Akan tetapi (dia berkata): “Hendaklah kamu menjadi orang-orang rabbani, karena kamu selalu mengajarkan Al Kitab dan disebabkan kamu tetap mempelajarinya. Dan (tidak wajar pula baginya) menyuruhmu menjadikan malaikat dan para nabi sebagai tuhan. Apakah (patut) dia menyuruhmu berbuat kekafiran di waktu kamu sudah (menganut agama) Islam?”Qs. Ali-Imran: 78-80

Berikut adalah keterangan para ulama tentang istilah ‘rabbani’, yang Continue reading “Menumbuhkan Generasi Rabbani” »

Jangan lupa Like & Share ya:

MENYIMPANG SETELAH MENDAPAT HIDAYAH

MENYIMPANG SETELAH MENDAPAT HIDAYAH

Oleh: Ust. Zainal Abidin bin Syamsuddin, Lc

Banyak kita temui, mungkin di sekitar kita orang-orang yang tadinya adalah tukang maksiat, ahli berbuat dosa yang mendapat hidayah hingga akhirnya bertaubat, berhijrah menuju jalan yang diridhoi ALLAH. Tetapi juga tidak sedikit yang tadinya seorang yang sholih, ahli ibadah atau bahkan pendakwah yang berbalik, menyimpang menjadi seorang ahli maksiat yang malah mendakwahkan kemaksiatan. Padahal manusia akan dinilai bagaimana akhirnya (saat kematiannya) apakah ada di jalan Allah atau sebaliknya dalam kemaksiatan.

menyimpang dari hidayah

لماذا ينتكس البعض بعد استقامته على طريق الهداية…؟؟؟

Mengapa ada sebagian orang yang justru berbalik (menyimpang) setelah Continue reading “MENYIMPANG SETELAH MENDAPAT HIDAYAH” »

Jangan lupa Like & Share ya:

Bagaimana Sebaiknya Pakaian / Baju Umroh Wanita

Baju umroh wanita muslimah sebaiknya yang seperti apa? Ada salah paham yang terjadi di khalayak umum muslimah jama’ah haji atau umroh di Indonesia, yaitu adanya pemahaman bahwa baju umroh wanita sunnahnya adalah berwarna putih. Terlebih muslimah di Indonesia dalam keseharian sudah terbiasa mengenakan mukena berwarna putih, sehingga sering timbul pertanyaan Apakah Baju Umroh Wanita Harus Putih ?

umrah ka'bah
Pemahaman ini bisa jadi muncul atas sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, Continue reading “Bagaimana Sebaiknya Pakaian / Baju Umroh Wanita” »

Jangan lupa Like & Share ya:

Hakikat Gamis Syari Penjaga Kehormatan Wanita

Hakikat Gamis Syari Penjaga Kehormatan Wanita.

Wahai saudariku muslimah, wanita adalah kunci kebaikan suatu umat. Wanita adalah pembangun generasi manusia. Maka jika kaum wanita baik, maka baiklah suatu generasi. Namun sebaliknya, jika kaum wanita itu rusak, maka akan rusak pulalah generasi tersebut.
Wanita adalah pengemban amanah pembangun generasi umat ini. Jadilah engkau wanita muslimah yang sejati, wanita yang senantiasa menjaga kehormatannya. Yang menjunjung tinggi hak Rabb-nya. Yang setia menjalankan sunnah rasul-Nya.

Hijab Menutup Aurat

Wanita Berbeda Dengan Laki-Laki

Allah telah menciptakan manusia dalam jenis perempuan dan laki-laki dengan memiliki kewajiban yang sama, yaitu untuk beribadah kepada Allah. Continue reading “Hakikat Gamis Syari Penjaga Kehormatan Wanita” »

Jangan lupa Like & Share ya:

Ketentuan Jilbab Sesuai Syariat

Ketentuan Jilbab Sesuai Syariat. Islam adalah ajaran yang sangat sempurna, sampai-sampai cara berpakaian pun dibimbing oleh Alloh Dzat yang paling mengetahui apa yang terbaik bagi diri kita. Bisa jadi sesuatu yang kita sukai, baik itu berupa model pakaian atau perhiasan pada hakikatnya justru jelek menurut Alloh. Alloh berfirman, “Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal itu adalah baik bagimu dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu padahal sebenarnya itu buruk bagimu, Alloh lah yang Maha mengetahui sedangkan kamu tidak mengetahui.” (Al Baqoroh: 216). Oleh karenanya marilah kita ikuti bimbingan-Nya dalam segala perkara termasuk mengenai cara berpakaian.

Jilbab Sesuai Syariat

Perintah dari Atas Langit
Alloh Ta’ala memerintahkan kepada kaum muslimah untuk memakai jilbab sesuai syariat. Alloh berfirman, Continue reading “Ketentuan Jilbab Sesuai Syariat” »

Jangan lupa Like & Share ya:

Jilbab Menutup Aurat

Jilbab menutup aurat merupakan bagian dari syari’at yang penting untuk dilaksanakan oleh seorang muslimah. Ia bukanlah sekedar identitas atau menjadi hiasan semata dan juga bukan penghalang bagi seorang muslimah untuk menjalankan aktivitas kehidupannya.
hakikat gamis syariMenggunakan jilbab menutup aurat yang sesuai dengan tuntunan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah wajib dilakukan oleh setiap muslimah, sama seperti ibadah-ibadah lainnya seperti sholat, puasa yang diwajibkan bagi setiap muslim. Ia bukanlah kewajiban terpisah dikarenakan kondisi daerah seperti dikatakan sebagian orang (karena Arab itu berdebu, panas dan sebagainya). Ia juga bukan kewajiban untuk kalangan tertentu (yang sudah naik haji atau anak pesantren).

Continue reading “Jilbab Menutup Aurat” »

Jangan lupa Like & Share ya:

Bahaya Riya Dan Cara Mengobatinya

Bahaya riya sering tidak disadari oleh manusia. Secara fitrah manusia, pastilah senang jika dirinya dipuji. Saat pujian datang -apalagi dari seseorang yang istimewa dalam pandangannya- tentulah hati akan bahagia jadinya. Berbunga-bunga, bangga, senang. Itu manusiawi. Namun hati-hatilah duhai saudariku, jangan sampai riya’ menghiasi amal ibadah kita karena di setiap amal ibadah yang kita lakukan dituntut keikhlasan.

bahaya riyaNiat yang ikhlas amatlah diperlukan dalam setiap amal ibadah karena ikhlas adalah salah satu syarat diterimanya suatu amal di sisi Allah. Sebuah niat dapat mengubah amalan kecil menjadi bernilai besar di sisi Allah dan sebaliknya, niatpun mampu mengubah amalan besar menjadi tidak bernilai sama sekali.

Kali ini, kita tidak hendak membahas tentang ikhlas melainkan salah satu lawan dari ikhlas, yaitu riya’.

Hudzaifah Ibnu Yaman pernah berkata:

Continue reading “Bahaya Riya Dan Cara Mengobatinya” »

Jangan lupa Like & Share ya:

Hukum Menjual Barang KW / Imitasi

Bagaimana hukum menjual barang KW/Imitasi?
Apakah boleh menjual barang imitasi/ KW?
Perlu diperhatikan bahwa ada tiga prinsip penting yang mesti diperhatikan dalam jual beli:

  • Tidak boleh mengambil hak orang lain tanpa seizinnya;
  • Tidak boleh membohongi dan menipu publik;
  • Tidak boleh menyelisihi aturan pemerintah yang wajib ditaati, selama itu bukan maksiat.

hukum-barang-kw

Tidak Boleh Mengambil Hak Orang Lain Tanpa Izin

Kita tidak boleh melanggar hak orang lain tanpa izin termasuk dalam masalah merek. Dalam kaedah fikih disebutkan,

Continue reading “Hukum Menjual Barang KW / Imitasi” »

Jangan lupa Like & Share ya:

Kenapa Doa Tidak Dikabulkan Allah

Dikisahkan bahwa suatu hari, Ibrahim bin Ad-ham rahimahullah melintas di pasar Bashrah, lalu orang-orang berkumpul mengerumuninya seraya berkata “Wahai Abu Ishaq, apa sebab kami selalu berdoa namun tidak pernah dikabulkan?”

Doa-tidak-dikabulkan
Beliau menjawab “Karena hati kalian telah mati oleh 10 hal:”

1. Kalian mengenal Allah tetapi tidak menunaikan hak-NYA.
2. Kalian mengaku cinta Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, tetapi meninggalkan sunnahnya.
3. Kalian membaca Al-Qur’an tetapi tidak mengamalkannya.
4. Kalian memakan nikmat-nikmat Allah Subhanahu wa Ta’ala tetapi tidak pernah pandai mensyukurinya.
Continue reading “Kenapa Doa Tidak Dikabulkan Allah” »

Jangan lupa Like & Share ya: