Buku Saku Adab Bertemu, Salam dan Jabat Tangan 2018

Rate this post
Adab Bertemu Salam Jabat Tangan
Adab Bertemu Salam Jabat Tangan

Adab Bertemu, Salam dan Jabat Tangan

Judul : Adab Bertemu, Salam dan Jabat Tangan
Penulis : Ali bin Nayif asy-Syuhud
Ukuran : 9 x 14 cm; 64 hal. (Buku Saku)
Penerbit : Pustaka Ibnu Umar
Harga : IDR 12.000,-

Diriwayatkan dari Anas bin Malik, ia mengatakan bahwa ada seseorang laki-laki bertanya kepada Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa sallam, “Apabila salah seorang dari kami berjumpa dengan saudara atau sahabatnya, maka bolehkah ia membungkukkan badan kepada saudaranya itu?” Maka Nabi Shallallaahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Tidak”. Laki-laki itu bertanya lagi, “Bolehkah ia memeluk dan menciumnya?” Maka Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Tidak”. Laki-laki itu bertanya lagi, “Bolehkah aku memegang tangannya dan menjabat tangannya?” Maka Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Ya”.

Diriwayatkan dari ‘Abdullah bin ‘Amr Radhiallahu ‘anhuma, bahwa ada seorang laki-laki yang bertanya kepada Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa sallam: “Islam yang mana yang terbaik?” Maka Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Engkau memberi makanan, dan engkau mengucapkan salam baik kepada orang yang engkau kenal maupun yang tidak engkau kenal.”

Salam merupakan penyebab yang membawa kepada kecintaan , keimanan, dan masuk Surga.
Diriwayatkan dari ‘Abdullah bin Salam Radhiallahu ‘anhu, ia berkata, “Sabda Beliau Shallallaahu ‘alaihi wa sallam yang pertama kali ku dengar adalah: “Wahai manusia! Tebarkan salam, berikan makanan, hubungkan tali kekeluargaan (silaturrahim), dan shalatlah kalian di saat manusia tidur, maka kalian akan masuk Surga dengan selamat.”

Dalam buku kecil ini dijelaskan ada 25 adab-adab Salam. Selamat meraih ilmu!